Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan Jasa

Memaksimalkan Keuntungan Perusahaan Jasa
Bagaimana cara perusahaan jasa dalam mencapai profitabilitas maximum?



Keuntungan maximum dapat dilakukan dengan berbagai strategi pemasaran jasa. Observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh para pelaku sektor jasa mengemukakan lima langkah yang dapat dilakukan untuk meraih sukses di dunia jasa yaitu :

  1. Mempengaruhi Jasa yang Ditawarkan
  2. Hal terpenting adalah adaptasi (adapt) dan memperbarui (renew) jasa yang ditawarkan.
    Ekonomi Jasa
    Dalam dunia jasa biasanya memerlukan prasarana (infrastructure) dan biayatetap yang substansial, dimana pendapatan sangat sensitif terhadap kegunaan (utilization).

    contoh : tingkat kunjungan rumah makan siap saji ditentukan oleh kecepatan pelayanan dan ketersediaan produk.

    Kebutuhan Konsumen
    Jasa yang ditawarkan harus mengikuti kemauan pasar seperti nilai yang diinginkan konsumen, manfaat bagi konsumen, dan responsif terhadap masalah-masalah yang terjadi. Perusahaan harus selalu mencari cara melakukan perluasan, pemutakhiran, pemfokusan atau mempertahankan jasa yang telah mereka tawarkan dengan tujuan memaksimalkan kepuasan.
    Perpanjangan Jasa
    Perubahan pasar sebagai sumber kesempatan untuk melakukan inovasi dan peningkatan jasa.
    Kunci Peningkatan Jasa
    Peningkatan jasa merupakan kunci bagi sektor jasa seperti inovasi teknologi bagi produk.
    Konsep dasar yang dapat silakukan untuk pembaruan jasa adalah pendeteksian masalah. Berdasarkan pengalaman, konsumen lebih dapat mengungkapkan masalah yang mereka hadapi karena pernah mengkonsumsi jasa tersebut daripada mengungkapkan manfaat yang mereka terima. Dapat dilakukan dengan cara dan pada tingkatan berbeda :

    > Survey, dilakukan pada saat proses jasa berlangsung.
    > Mendeteksi permasalahan secara mendalam, membuat daftar masalah yang ada untuk di ranking konsumen,
    > Analisis komputer, pengembangan dalam riset perilaku dan wawancara yang dilakukan secara tak terstruktur.
    > Layanan jawab, menganalisis masalah-masalah yang terjadi mengenai konsumen mereka setelah meningkatnya hunungan antara perusahaan dengan konsumen.
  3. Melokalisasi Sistem Point of Service
  4. Melakukan Kontak Layanan untuk Mengikat Konsumen
    Perusahaan di bidang jasaberusaha menarik dan mempertahankan konsumen dengan sistem kontrak atau memberi status keanggotaan (member) yang diharapkan produk jasa mereka akan terdiferensiasi dan membangun loyalitas konsumen.
  5. Melakukan Kontak Layanan untuk Mengikat Konsumen

  6. Perusahaan di bidang jasaberusaha menarik dan mempertahankan konsumen dengan sistem kontrak atau memberi status keanggotaan (member) yang diharapkan produk jasa mereka akan terdiferensiasi dan membangun loyalitas konsumen.
  7. Menggunakan Kekuatan Informasi

  8. Kemajuan tekhnologi dan inaformasi berpengaruh terhadap peningkatan kualitas jasa dan pelayanan itu sendiri karena data mengenai konsumen, transaksi, dan karyawan adalah informasi penting yang dapat membedakan jasa tersebut dengan pesaing.
  9. Menetapkan Nilai Strategis Jasa bagi Konsumen
  10. Nilai strategis adalah fungsi dari desain strategis bisnis dan penilaian terhadap metodologi sehingga dapat menjawab semua permasalahan jasa. Jawaban-jawaban yang diberikan untuk permasalahan diatas bisa menjadi suata strategi yabg potensial dan signifikan guna meningkatkan bisnis dan pelayanan jasa yang diberikan oleh perusahaan.

Posting Komentar

0 Komentar