Strategi Manajemen Perusahaan Jasa

Strategi Manajemen Perusahaan JasaApakah strategi yang digunakan manajemen perusahaan jasa?
Strategi manajemen dalam perusahaan jasa dapat dibuat dalam kerangka kerja analisis pemasaran jasa dengan pendekatan Dramatugi. Produk barang dan jasa memiliki perbedaan jika dilihat dari segi melakukan transaksi, kegiatan, dan fungsi nya. Dalam jasa terdapat dua aspek penting yaitu aspek sosial dan aspek fisik, dimana keduanya sangat berpengaruh  pada kepuasan konsumen.

1. Konteks Sosial dan Fisik dari Pertukaran Jasa
Faktor lingkungan sangat berpengaruh karena mempengaruhi kepuasan konsumen saat melakukan transaksi. (Aspek fisik)

2. Aspek Sosial
Aspek yang berhubungan secara langsung antara penjual dan pembeli , konsumen dapat melakukan evaluasi terhadap jasa yang ditawarkan dan termasuk kebutuhan yang mereka terima.(Aspek sosial)

3. Aspek Fisik
Aspek fisik merupakan suatu yang penting dalam meluncurkan strategi pemasaran yang digunakan. Contoh aspek fisik dapat dilihat dari jasa yang ditawarkan, dan tempat dimana jasa itu ditawarkan. Aspek fisik seperti lokasi tempat terjadinya transaksi dapat menonjolkan citra perusahaan. Citra yang bagus akan memberi nilai tambah bagi perusahaan.

4. Memahami Pemasaran JasaMelalui Analog Dramaturgi
Banyak pengertian yang dapat diambil dari dramatugi terutama bila diterapkan dibidanng pemasaran jasa,dapat dilihat dari Lima konsep (Burke) berikut :

  • Act (sikap)              - Bagaimana harus bersikap.
  • Scene (latar)          -Kondisi tertentu dimana kita harus bertindak atau menyesuaikan diri dengan keadaan.
  • Agent (Pelaku)      -Orang yang Terlibat.
  • Agency (agensi)     -Bagaimana pelaku harus bertindak.
  • Purpose (tujuan)   -Yang menjadi sebab mengapa lita harus bertindak.

5. Kinerja
Dalam jasa dibutuhkan penampilan atau kinerja yang baik dari pemberi jasa agar setiap hal yang dilakukan akan diterima dengan puas oleh konsumen.

6. Kinerja Tim
Dilihat dari segi manajemennya, setiap unsur tidka bisa begitu saja berharap dari unsur lain, sebaliknya tidak ada unsur yang dapat berdiri sendiri kecuali dalam kondisi atau keadaan yang berbeda.

7. Pertunjukan Langsung dan di Balik Layar
Ada hal penting dari konsep dramatugi yaitu konsep daerah,yang dibagi dua jenis yaiu:

Daerah Depan, yaitu dimana sebuah pertunjukan mengambil tempat untuk melakukan pertunjukan yang langsung disaksikanoleh penonton dan juga bisa langsung berinteraksi.

Daerah Belakang, yaitu dimana sebuah pertunjukan biasanya dilakukan dibelakang layar tanpa ada penonton yang mengetahui hal tersebut.

Kedua hal ini mempunyai arti bahea ada jenis jasa kontak tinggi dan rendah. Biasanya kedua hal tersebut dilakukan secara terpisah antara satu dengan yang lainnya dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal nantinya

8. Aspek Manajemen Impresi
Kunci utama dalam konsep dramatugi mennurut Goffman adalah bahwa seorang aktor dalam melakukan kegiatannya harus dengan sungguh-sungguh dan penuh konsentrasi untuk menimbullkan rasa percaya terhadap penonton yang sedang menilhat kegiatan tersebut atau sedang terlibat didalamnya.


Daftar Pustaka
Lupiyoadi Rambat, Hamdani A.,  2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Posting Komentar

1 Komentar