Strategi manajemen dalam perusahaan jasa dapat dibuat dalam
kerangka kerja analisis pemasaran jasa dengan pendekatan Dramatugi. Produk
barang dan jasa memiliki perbedaan jika dilihat dari segi melakukan transaksi,
kegiatan, dan fungsi nya. Dalam jasa terdapat dua aspek penting yaitu aspek
sosial dan aspek fisik, dimana keduanya sangat berpengaruh pada kepuasan konsumen.
8. Aspek Manajemen Impresi
Kunci utama dalam konsep dramatugi mennurut Goffman adalah
bahwa seorang aktor dalam melakukan kegiatannya harus dengan sungguh-sungguh
dan penuh konsentrasi untuk menimbullkan rasa percaya terhadap penonton yang
sedang menilhat kegiatan tersebut atau sedang terlibat didalamnya.
1. Konteks Sosial dan Fisik dari Pertukaran Jasa
Faktor lingkungan sangat berpengaruh karena mempengaruhi
kepuasan konsumen saat melakukan transaksi. (Aspek fisik)
2. Aspek Sosial
Aspek yang berhubungan secara langsung antara penjual dan
pembeli , konsumen dapat melakukan evaluasi terhadap jasa yang ditawarkan dan
termasuk kebutuhan yang mereka terima.(Aspek sosial)
3. Aspek Fisik
Aspek fisik merupakan suatu yang penting dalam meluncurkan
strategi pemasaran yang digunakan. Contoh aspek fisik dapat dilihat dari jasa
yang ditawarkan, dan tempat dimana jasa itu ditawarkan. Aspek fisik seperti
lokasi tempat terjadinya transaksi dapat menonjolkan citra perusahaan. Citra
yang bagus akan memberi nilai tambah bagi perusahaan.
4. Memahami Pemasaran JasaMelalui Analog Dramaturgi
Banyak pengertian yang dapat diambil dari dramatugi terutama
bila diterapkan dibidanng pemasaran jasa,dapat dilihat dari Lima konsep (Burke)
berikut :- Act (sikap) - Bagaimana harus bersikap.
- Scene (latar) -Kondisi tertentu dimana kita harus bertindak atau menyesuaikan diri dengan keadaan.
- Agent (Pelaku) -Orang yang Terlibat.
- Agency (agensi) -Bagaimana pelaku harus bertindak.
- Purpose (tujuan) -Yang menjadi sebab mengapa lita harus bertindak.
5. Kinerja
Dalam jasa dibutuhkan penampilan atau kinerja yang baik dari
pemberi jasa agar setiap hal yang dilakukan akan diterima dengan puas oleh
konsumen.
6. Kinerja Tim
Dilihat dari segi manajemennya, setiap unsur tidka bisa
begitu saja berharap dari unsur lain, sebaliknya tidak ada unsur yang dapat
berdiri sendiri kecuali dalam kondisi atau keadaan yang berbeda.
7. Pertunjukan Langsung dan di Balik Layar
Ada hal penting dari konsep dramatugi yaitu konsep
daerah,yang dibagi dua jenis yaiu:
Daerah Depan, yaitu dimana sebuah pertunjukan mengambil
tempat untuk melakukan pertunjukan yang langsung disaksikanoleh penonton dan juga
bisa langsung berinteraksi.
Daerah Belakang, yaitu dimana sebuah pertunjukan biasanya
dilakukan dibelakang layar tanpa ada penonton yang mengetahui hal tersebut.
Kedua hal ini mempunyai arti bahea ada jenis jasa kontak
tinggi dan rendah. Biasanya kedua hal tersebut dilakukan secara terpisah antara
satu dengan yang lainnya dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal
nantinya
Daftar Pustaka
Lupiyoadi Rambat, Hamdani A., 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba
Empat, Jakarta.
1 Komentar
very good
BalasHapusMY BLOG